loader image

Menyediakan Bumbu Dapur Utuh Kering dan Coconut Palm Sugar

Pentingnya Mengonsumsi Bahan Makanan Lokal dan Organik

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin
Bahan Makanan Organik
Bahan makanan lokal dan organik tidak hanya baik untuk tubuh Anda namun juga baik untuk lingkungan sekitar.

Dari artikel perbedaan rempah segar dan rempah yang dikeringkan, kita dapat pula menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan konsumsi bahan makanan organik di Indonesia. Ini berarti kesadaran masyarakat akan pentingnya memilih bahan makanan organik juga meningkat. Apakah yang melandasi kesadaran tersebut?

Dirangkum dari helpguide.org, produk organik memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Mengandung lebih sedikit pestisida

Pada pertanian konvesional penggunaan bahan kimia seperti fungisida, herbisida dan insektisida bukanlah hal yang jarang terjadi. Sisa dari zat kimia tersebut seringkali masih menempel di makanan yang kita makan.

  • Lebih segar

Karena produk organik tidak mengandung pengawet untuk membuatnya tahan lama, mereka biasanya dijual dari tempat yang tidak jauh dari pertanian mereka tumbuh.

  • Pertanian organik memiliki lingkungan yang lebih baik

Pertanian organik dinilai dapat mengurangi pencemaran, mengurangi erosi tanah, meningkatkan kesuburan tanah dan mengunakan energi yang lebih sedikit. Pertanian dengan mengunakan pestisida buatan sendiri juga lebih baik untuk hewan beserta orang-orang yang tinggal di sekitar pertanian tersebut.

  • Produk organik adalah produk yang bebas GMO

Genetically Modified Organisms (GMO) atau Genetically Engineered (GE) adalah bahan makanan yang DNA-nya telah diubah sedemikian rupa sehigga ia lebih kebal terhadap pestisida atau lebih kebal terhadap serangga. Hal ini juga dapat disebabkan oleh perkawinan silang tradisional.

Selain itu, membeli bahan makanan lokal juga penting. Bahan makanan ini memiliki beberapa definisi. Lokal dapat berarti tanaman tersebut tumbuh di komunitas lokal, satu kota, satu provinsi atau satu negara.

Adapun beberapa manfaat yang dapat menjadi pertimbangan Anda untuk membeli bahan makanan lokal.

  • Secara finansial

Uang akan berputar di lingkungan komunitas Anda. Lebih banyak uang ke petani daripada uang ke marketing dan distribusi.

  • Transportasi

Seperti yang terjadi di USA, jarak rata-rata yang bahan makanan tempuh sampai ke meja makan sejauh kurang lebih 2.400 km. Bahan makanan tersebut dipetik saat bahan tersebut belum matang dan diberi zat untuk memetangkannya setelah sampai di tempat tujuan. Atau sebelumnya bahan tersebut diproses di pabrik menggunakan bahan pengawet, sinar radiasi atau dengan cara yang lainnya untuk menstabilkan bahan tersebut saat pengangkutan.

  • Kesegaran

Bahan makanan lokal dipanen saat makanan tersebut sudah matang sehingga citarasanya keluar secara menyeluruh. Beberapa petani lokal menggunakan cara bertani organik tetapi tidak mampu membayar sertifikat organik. Anda tentu dapat menanyakannya langsung kepada mereka tentang metode apa yang mereka gunakan.

(Sumber Foto: Wikimedia.org)

Artikel Lainnya

Tentang Kami

CV.Rempah Indo adalah perusahaan yang memproduksi bumbu kering dan rempah kering utuh asli Indonesia dengan teknologi modern yang telah teruji kualitasnya

Ikuti Kami

Tutorial Memasak

Lokasi Toko Kami