loader image

Menyediakan Bumbu Dapur Utuh Kering dan Coconut Palm Sugar

Manfaat Menakjubkan Bawang Dayak dan Efek Sampingnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin
Gambar Bawang Dayak dan Efek Sampingnya
Beberapa manfaat bawang dayak bagi kesehatan dan efek samping yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsinya.

Manfaat Menakjubkan Bawang Dayak dan Efek Sampingnya

Gambar Bawang Dayak dan Efek Sampingnya

Bawang Dayak atau bawang sabrang adalah salah satu species bawang yang berasal dari Amerika. Selain digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, bawang Dayak juga sering digunakan sebagai obat tradisional. Untuk mendapatkan manfaat bawang dayak, sebaiknya kita mengkonsumsinya secara bijak, agar efek samping dapat dihindari.

Berbagai Manfaat Bawang Dayak

Berikut ini beberapa khasiat kesehatan yang mungkin bisa Anda dapatkan dari bawang dayak.

1.     Bawang Dayak untuk Membantu Mengatasi Infeksi

Gambar Bawang Dayak untuk Mengatasi Inflamasi

Pada sebuah jurnal penelitian Tropical Life Sciences Research dari kolaborasi antara tim peneliti dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Kalimantan Timur melaporkan bawang dayak kaya akan antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, saponin, triterpenoid, steroid, dan tannin.

Berbagai macam antioksidan diatas bekerja efektif untuk menghambat dan mematikan pertumbuhan virus, bakteri, serta jamur penyebab penyakit. Menurut penelitian tersebut, bawang Dayak efektif untuk menghadapi bakteri Staphylococcus aureus (MRSA), B. cereusShigella sp., and P. aeruginosa.

2.     Bawang Dayak untuk Membantu Menguatkan Kepadatan Tulang pada Wanita yang Telah Menopause

Gambar Bawang Dayak untuk Menurunkan Osteoporosis setelah menopause

Dalam sebuah penelitian terbitan tahun 2018 pada Pharmacognosy Journal  dengan media sebuah tikus yang telah diangkat indung telurnya menemukan bahwa, pemberian ekstrak bawang Dayak dalam dosis tinggi (18 mg/200 g) selama 21 hari berturut-turut berpotensi sangat meningkatkan kadar kalsium tulang, berat tulang (massa tulang), dan panjang tulang.

Namun begitu masih butuh lebih banyak lagi riset sains mendalam terkait khasiat bawang Dayak yang satu ini.

3.     Bawang Dayak Membantu Menurunkan Resiko Kanker Rahim

Gambar Manfaat Bawang Dayak untuk Menurunkan Resiko Kanker Rahim

Sebuah penelitian pada Online Journal Of Biological Sciences menyebutkan bahwa bawang Dayak kaya akan senyawa aktif bernama eleutherinol yang dapat berikatan kuat dengan reseptor estrogen alfa (ERα).

Peneliti menemukan, eleuterinol bisa memicu efek peningkatan hormon estrogen yang mirip dengan obat tamoxifen tapi tanpa diikuti oleh risiko penebalan dinding rahim.

4.     Bawang Dayak Membantu Menurunkan Kolesterol dan Resiko Penyakit Jantung

Gambar Bawang Dayak untuk Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Pada penelitian yang sama seperti diatas, menyebutkan bahwa, konsumsi bawang Dayak dapat menurunkan kadar lipid darah (kolesterol). Seiring dengan menurunnya kadar lipid darah maka resiko penyakit jantung akan semakin kecil.

Efek Samping Bawang Dayak

Manfaat bawang Dayak yang melimpah tentu sayang untuk dilewatkan. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda bisa mencoba berbagai olahan resep bawang Dayak.

Meski memiliki manfaat yang banyak bukan berarti bawang Dayak tidak memiliki efek samping. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap bawang putih, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi bawang Dayak karena, Anda kemungkinan juga memiliki alergi terhadap bawang ini.

Beberapa efek samping yang mungkin dapat dirasakan bagi tubuh yang sensitif dengan kandungan dalam bawang dayak, seperti gatal, kembung, batuk-batuk, atau mual hingga memperparah penyakit refluks asam lambung kronis (GERD) jika dikonsumsi berlebihan.

 

Artikel Lainnya

Tentang Kami

CV.Rempah Indo adalah perusahaan yang memproduksi bumbu kering dan rempah kering utuh asli Indonesia dengan teknologi modern yang telah teruji kualitasnya

Ikuti Kami

Tutorial Memasak

Lokasi Toko Kami