loader image

Menyediakan Bumbu Dapur Utuh Kering dan Coconut Palm Sugar

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengkonsumsinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin
Manfaat Kayu Manis dan Cara Tepat Mengkonsumsinya
Selain digunakan sebagai bumbu penyedap masakan dan minuman, kayu manis juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan benar.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Cara Tepat Mengkonsumsinya

Manfaat Kayu Manis dan Cara Tepat Mengkonsumsinya

Selain digunakan sebagai bumbu penyedap dan penambah aroma diberbagai resep masakan dan minuman, manfaat kayu manis untu kesehatan juga sangat banyak. Untuk mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan, maka cara mengkonsumsi kayu manis juga harus benar.

Kayu manis, yang biasa digunakan untuk campuran masakan dan minuman, terbuat dari ekstrak kulit kayu pohon kayu manis.

Pohon Kayu Manis Utuh

Berbagai Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Berikut berbagai manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mengendalikan kadar gula darah

Kayu manis juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan menyerupai insulin untuk meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel tubuh.

Kayu Manis untuk mengendalikan kadar gula darah

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan rempah, seperti kayu manis dan kunyit, mampu mengurangi efek negatif dari makanan berlemak, sehingga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Kayu manis untuk menurunkan resiko penyakit jantung

3. Melawan bakteri dan jamur penyebab infeksi

Zat aktif Cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis diyakini mampu membantu melawan berbagai jenis infeksi. Efek antimikroba pada kayu manis juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan bau mulut.

Kayu Manis untuk melawan bakteri

4. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Kayu manis juga memiliki antioksidan yang tinggi, seperti polifenol. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kayu Manis untuk melindungi tubuh dari radikal bebas

Cara Tepat Mengonsumsi Kayu Manis

Kayu manis memang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun harus tepat dalam mengkonsumsinya.

Berbagai manfaat kayu manis untuk kesehatan mungkin bisa Anda peroleh, namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsinya. Meski saat ini belum ada takaran yang benar-benar pasti, ada baiknya Anda mempertimbangkan takaran yang direkomendasikan berikut ini:

  • Untuk kayu manis jenis Cassia, disarankan hanya menggunakannya sebanyak 0,5 – 4 gram atau setara dengan satu sendok teh per hari.
  • Untuk kayu manis jenis Ceyon, disarankan untuk menggunakannya sebanyak 5 gram atau setara dengan 2,5 sendok teh per hari.

Perbedaan takaran tersebut dikarenakan adanya perbedaan jumlah kandungan yang terdapat pada kayu manis jenis Cassia dengan jenis Ceyon. Sebagai contoh, kandungan kumarin yang terdapat pada Cassia lebih tinggi jika dibandingkan dengan kayu manis jenis Ceyon, sehingga perlu takaran yang lebih sedikit agar aman untuk dikonsumsi.

Jika mengonsumsi kandungan kumarin dalam jumlah berlebihan, Anda berpotensi mengalami gangguan kesehatan, antara lain:

  • Iritasi atau luka pada mulut dan bibir.
  • Gula darah rendah
  • Gangguan pernapasan
  • Menurunkan fungsi hati

Cara pengaplikasian kayu manis dan manfaatnya untuk kesehatan memang banyak. Namun, alangkah baiknya jika dikonsumsi secara bijak dengan jumlah secukupnya sesuai kebutuhan, untuk menghindari efek samping.

Artikel Lainnya

Tentang Kami

CV.Rempah Indo adalah perusahaan yang memproduksi bumbu kering dan rempah kering utuh asli Indonesia dengan teknologi modern yang telah teruji kualitasnya

Ikuti Kami

Tutorial Memasak

Lokasi Toko Kami