loader image

Menyediakan Bumbu Dapur Utuh Kering dan Coconut Palm Sugar

Empon-empon yang sering dijumpai di Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin
A VPN is an essential component of IT security, whether you’re just starting a business or are already up and running. Most business interactions and transactions happen online and VPN

Rempah-rempah adalah bagian dari tumbuhan atau sering disebut rimpang (Rhizoma) yang beraroma khas dan memiliki beberapa manfaat bagi Kesehatan tubuh. Selain itu rempah juga digunakan para ibu rumah tangga sebagai penyedap makanan. Di Indonesia, terdapat beberapa macam rempah yang sering dimanfaatkan dikehidupan sehari-hari. Rempah yang umum diketahui orang yaitu Jahe, Kunyit dan Temulawak. Namun, perlu Anda ketahui ternyata Ketumbar, Lada, Adas, Kapulaga dsb juga termasuk rempah-rempah.

Berikut merupakan rempah-rempah jenis rimpang hasil budidaya yang mudah dijumpai di Indonesia.

Jahe

Jahe dengan nama latin Zingiber officinale merupakan tanaman rimpang yang sering dimanfaatkan sebagai bahan obat. Rimpang Jahe memiliki bentuk seperti tanduk rusa dengan rasa dominan pedas yang disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron. Terdapat beberapa macam Jahe diantaranya yaitu Jahe Gajah, Jahe Merah dan Jahe Emprit. Ketiga Jahe tersebut memiliki tingkat kepedasan yang berbeda. Jahe Merah memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi daripada Jahe Gajah dan Jahe Emprit. Pada umumnya, Jahe banyak dibuat minuman yang dapat menghangatkan tubuh.

Kunyit

Kunyit atau sering disebut kunir merupakan salah satu rimpang yang juga digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, bahan obat (jamu) untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Rimpang kunyit memiliki bentuk lebih kecil dari Jahe. Kunyit menghasilkan warna kuning yang dapat dijadikan sebagai pewarna makanan dan sekaligus memiliki kandungan yang dapat menyehatkan tubuh.

Temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) merupakan tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit tetapi rimpangnya dapat membesar dan lebih gemuk, serta memiliki warna yang lebih cerah dari kunyit. Tanaman herbal ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia akan manfaatnya dan sering digunakan sebagai obat herbal. Temulawak tumbuh didaerah tropis dan sering dibudidayakan di dataran tinggi.

Kencur

Kencur dengan nama latin Kaempferia galanga termasuk dalam famili Jahe (Zingiberaceae). Tanaman kencur banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis. Tanaman rimpang ini memiliki aroma yang sangat harum dan bentuknya lebih kecil daripada rimpang yang lainnya. Kencur sering digunakan sebagai jamu tradisional karena memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan tubuh.

Temu kunci

Temu kunci (Boesenbergia pandurata) juga merupakan tanaman rimpang yang tumbuh rendah serta merayap di dalam tanah, berwarna kuning kecokelatan dan tumbuh menebal Salah satu ciri khas dari temu kunci adalah aroma yang dikeluarkannya. Di Indonesia, tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki beberapa khasiat bagi Kesehatan tubuh sehingga banyak orang yang mengolahnya menjadi jamu tradisional.

Lengkuas

Kebanyakan orang sering menyebutnya Laos, merupakan salah satu rimpang yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai penyedap masakan dan obat tradisional. Lengkuas dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional, sedangkan Lengkuas yang dapat digunakan sebagai obat tradisional adalah lengkuas merah (Alpinia purpurata).

Artikel Lainnya

Tentang Kami

CV.Rempah Indo adalah perusahaan yang memproduksi bumbu kering dan rempah kering utuh asli Indonesia dengan teknologi modern yang telah teruji kualitasnya

Ikuti Kami

Tutorial Memasak

Lokasi Toko Kami