loader image

Menyediakan Bumbu Dapur Utuh Kering dan Coconut Palm Sugar

5 Manfaat Daun Salam Kering dan Efek Sampingnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on linkedin
Gambar Manfaat Daun Salam dan Efek Sampingnya
Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun konsumsi daun salam bukan tanpa resiko. Berikut manfaat daun salam dan efek sampingnya.

5 Manfaat Daun Salam Kering dan Efek Sampingnya

Gambar Manfaat Daun Salam dan Efek Sampingnya

Daun Salam dikenal sebagai penyedap masakan dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Daun salam memiliki sifat antioksidan, antiseptik, dan antikanker, sehingga dapat berguna bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat daun salam dengan membuat ramuan alami berupa rebusan air dari daun dan berbagai resep masakan daun salam.

Meski daun yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan ini dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, namun tidak semua orang cocok mengonsumsinya. Dari beberapa penelitian menemukan bahwa daun salam bisa menimbulkan efek samping jika dikonsumsi oleh orang dengan kondisi medis tertentu.

Manfaat Daun Salam Kering Untuk Kesehatan

Daun salam diduga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, di antaranya adalah

1.     Daun Salam Kering Membantu Mengatasi Masalah Rambut

Gambar Daun Salam Untuk Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok

Air rebusan daun salam kering bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut, dari masalah ketombe hingga kerontokan rambut.

Cara pemakaiannya adalah air rebusan Kemudian, setelah dingin, gosokkan pada kulit kepala yang telah dibersihkan.

2.     Daun Salam Kering Membantu Menurunkan Berat Badan

Gambar Daun Salam Untuk Menurunkan Berat Badan

Dengan meminum air rebusan daun salam kering di pagi hari saat perut kosong Anda bisa mendapatkan manfaat daun salam yang satu ini.

Cara lain menikmati air rebusan daun salam bisa dengan menambahkan 1 liter air rebusan daun salam (menggunakan 6 lembar daun salam) dengan 1 sendok makan kayu manis dan 3 sendok makan madu murni.

3.     Daun Salam Kering untuk Meredakan Batuk

Gambar Daun Salam Untuk Meredakan Batuk

Jika Anda atau keluarga Anda ada yang batuk Anda bisa mencoba menjadikan daun salam kering sebagai obat alami untuk meredakan batuk.

Cara membuatnya yaitu dengan merebus 3 lembar daun salam kering dengan 500ml air, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, rendam kain dalam rebusan tersebut dan usapkan di bagian dada. Kandungan minyak pada daun salam lering dapat membantu meredakan flu dan batuk.

4.     Daun Salam Kering untuk Mengatasi Asam Urat

gambar Daun Salam Untuk Mengobati Asam Urat

Manfaat daun salam kering lainnya adalah membantu mengatasi masalah asam urat.

Caranya yaitu dengan merebus 10 lembar daun salam kering dengan 10 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan daun salam ini dua kali sehari. Jika membuatnya dengan takaran yang tepat, Anda akan merasakan manfaatnya.

5.     Daun Salam Kering Membantu Mencegah Batu Ginjal

Gambar Daun Salam Untuk Mencegah Batu Ginjal

Daun salam dipercaya mampu mengurangi jumlah enzim urease penyebab batu ginjal dan gangguan lambung. Meski demikian, manfaat daun salam ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Anda bisa melakukan tindakan pencegahan untuk penyakit ini dengan mengonsumsi daun salam. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih, kemudian minum selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

Efek Samping Mengkonsumsi Daun Salam Kering

gambar Efek Samping Daun Salam Kering

Walaupun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun konsumsi daun salam bukan tanpa resiko. Hindarilah mengonsumsi daun salam secara utuh. Daun salam tidak dapat dicerna tubuh meski telah dikunyah. Hal ini berpotensi menimbulkan gangguan pada tenggorokan atau saluran pencernaan.

Saat hendak mengonsumsi daun salam, pastikan daun salam yang akan dikonsumsi sudah dicuci dan dimasak hinga benar-benar matang. Alasannya, pada daun salam mentah atau kurang matang, mungkin masih terdapat bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Daun salam juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh:

Penderita diabetes

Meskipun daun salam dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga membantu penyembuhan penyakit diabetes. Namun konsumsi daun salam bagi penderita diabetes dapat menyebabkan resiko hipoglikemia akibat penurunan kadar gula darah yang berlebihan dan sulit dikontrol.

Jadi, jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui takaran amannya.

Ibu hamil dan menyusui

Wanita hamil atau menyusui perlu berhati-hati saat hendak mengonsumsi daun salam. Sampai saat ini, belum ada informasi yang akurat tentang takaran aman penggunaan daun salam untuk ibu hamil dan menyusui.

Maka dari itu, perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi daun salam.

Pasien yang akan menjalani pembedahan

Hindarilah mengonsumsi daun salam, minimal sejak dua minggu sebelum menjalani operasi.

Daun salam diduga dapat memperlambat kerja sistem saraf dan otak, sehingga berisiko mengganggu efek obat-obatan anestesi saat pembedahan dan setelahnya.

Kesimpulannya, mengonsumsi daun salam sebagai bumbu penyedap pada masakan tergolong aman. Anda boleh saja sesekali menambahkan daun salam sebagai pelengkap masakan. Namun jika hendak mengonsumsinya sebagai obat herba, lebih baik berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Artikel Lainnya

Tentang Kami

CV.Rempah Indo adalah perusahaan yang memproduksi bumbu kering dan rempah kering utuh asli Indonesia dengan teknologi modern yang telah teruji kualitasnya

Ikuti Kami

Tutorial Memasak

Lokasi Toko Kami